PERHATIAN!
jom ramai-ramai LIKE page Espiranza D'hearty :)
Espiranza D'hearty: hati yang ikhlas... Espiranza D'hearty: hati yang ikhlas...

28 November 2010

hati yang ikhlas...

Sahabat ... dalam hidup, kita sering dihinggapi rasa ingin dipuji atau dihargai atas segala perbuatan yang kita lakukan.


Seringkali kita lupa, bahwa sejatinya yang kita perbuat, yang kita katakan , adalah atas KEHENDAK ALLAH semata. Jadi, bagaimana kita bisa mengklaim bahwa semua perbuatan itu berasal dari kita. Kita harus yakin bahwa ALLAH penyebab dari segala sesuatu.


Sahabat.... bila rasa itu kita alami. Kita hendaknya mengevaluasi diri akan erti KEIKHLASAN. Makna dari " KEIKHLASAN" harus difahami dan diamalkan. Kerana pasti rugi bila kita terjerat oleh rasa " bahawa apa yang kita lakukan, berasal dari kita, dan kerananya layak mendapatkan balasan. Yakni pujian ataupun penghargaan dari orang lain.


Kita hanyalah jalan dari setiap tindakan yang dilakukan. Saat kita bersedekah kepada orang lain, hakikatnya bukan kita yang memberi orang tersebut. Tetapi ALLAH yang berada dibalik semua perbuatan , yang syariatnya melalui huluran tangan kita sedekah bisa sampai kepada yang berhak.


Begitu juga saat berbicara akan suatu ilmu, ALLAH yang membuka PEMAHAMAN kita. Amat keliru bila kita berangggapan bahwa pengajar atau guru yang menjadi sebab orang mengerti. Sebab harus dipahami, setiap perbuatan baik yang kita lakukan pada orang lain, hanya jalan dari ALLAH. Kita bukanlah sumber dari setiap perbuatan. Akan tetapi , ALLAH yang menjadi sumbernya.


Jadi, buanglah jauh-jauh rasa ingin dilihat, dipuji atau dihargai, saat kita beramal. Saat kita melakukan amal perbuatan, segera lupakan. Janganlah ada keinginan mendapat balasan dari makhluk, bahkan menunggu ucapan terima kasih sekalipun . Kerana bila kita tidak berhati-hati, akan mengotori keikhlasan hati kita.



Dengan senantiasa menjaga hati agar selalu meyerahkan semuanya pada ALLAH, Senantiasa sadar bahwa yang kita lakukan hanyalah mengharap REDHA ALLAH, Insya Allah , akan kita rasakan lazatnya iman, sebagai buah dari keikhlasan yang kita tegakkan.

Semoga Allah membimbing dan memampukan selalu ... amin ya Robbal alamin.

Kalau Anda Suka Like laa :)

0 budak comel :